Sukses

Ahmadinejad: Pengembangan Nuklir Alami Kemajuan

Iran mengatakan pihaknya telah membuat kemajuan besar dalam pengembangan nuklirnya dan siap meningkatkan pengayaan uranium, serta memuat batang bahan bakar buatan Iran pertama ke reaktor.

Liputan6.com, Teheran: Iran mengatakan pihaknya telah membuat kemajuan besar dalam pengembangan nuklirnya dan siap meningkatkan pengayaan uranium, serta memuat batang bahan bakar buatan Iran pertama ke reaktor. Demikian pernyataan resmi Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad selama pidato di badan energi atom negara itu, Rabu (15/2).

Seperti dikutip laman NHK, Ahmadinejad mengatakan sentrifugal lanjutan barunya telah meningkatkan kapasitas pengayaan uranium di sebuah fasilitas di Natanz, Iran tengah. Beberapa sentrifugal ini mempercepat proses pengayaan dan meningkatkan sebanyak tiga kali kapasitas produksi.

Menurut Ahmadinejad, sebanyak 164 sentrifugal baru sudah mulai beroperasi di fasilitas Natanz. Selain itu, 3.000 sentrifugal konvensional lainnya juga sudah ditambahkan ke 6.000 di fasilitas tersebut. Batang bahan bakar pertama buatan Iran juga sudah dimuat ke dalam reaktor di Teheran, yang digunakan untuk mengobati pasien kanker dan penelitian damai lainnya.

Presiden Iran mencatat bahwa pengembangan nuklir negara itu masih diawasi oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Tetapi, negara-negara Barat terus menyerukan Iran untuk menghentikan pengayaannya, yang pihak barat klaim dapat digunakan untuk tujuan militer. Klaim terbaru Ahmadinejad ini diperkirakan kembali menarik reaksi keras dari Barat dan Israel. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.