Sukses

Razia Kelaikan Kendaraan Gencar Dilakukan

Berbagai kecelakaan yang merenggut puluhan korban jiwa belakangan ini mendorong pemerintah menggalakkan razia untuk memeriksa kelaikan kendaraan angkutan umum.

Liputan6.com, Purworejo: Berbagai kecelakaan yang merenggut puluhan korban jiwa belakangan ini mendorong pemerintah menggalakkan razia untuk memeriksa kelaikan kendaraan angkutan umum. Di Jawa Tengah, petugas Dinas Perhubungan memeriksa kendaraan angkutan umum di sejumlah tempat, seperti di Terminal Purworejo, Rabu (15/2).

Dalam sidak itu petugas mengecek kelaikan kendaraan. Dari pengecekan tim gabungan, sedikitnya 17 bus dinyatakan tidak laik jalan karena berbagai masalah, seperti kerusakan pada sistem lampu, ban gundul, serta kaca yang pecah. Meski ditilang, bus-bus itu masih diperbolehkan beroperasi asal kerusakannya segera diperbaiki.

Bus tak laik jalan tapi tetap dioperasikan juga ditemukan di Terminal Slawi, Tegal, Jateng. Sejumlah bus kedapatan menggunakan ban gundul yang tentu sangat membahayakan. Petugas dari Dinas Perhubungan juga memeriksa bagian-bagian vital lain seperti rem, lampu, klakson, dan wiper. Surat-surat trayek dan surat uji kendaraan tak luput dari pemeriksaan.

Dalam pemeriksaan di Terminal Leuwipanjang, Bandung, Jawa Barat, petugas menemukan seorang pengemudi tidak mempunyai surat izin mengemudi yang masih berlaku. Ditemukan juga sejumlah bus tidak laik jalan. Bus-bus itu diminta dikembalikan ke pool masing-masing untuk diperbaiki.

Pemeriksaan kelaikan kendaraan tentu sangat bagus bila dilakukan secara rutin demi menjamin keamanan para penumpang. Namun sayang, selama ini pemeriksaan hanya gencar dilakukan setelah terjadi kecelakaan yang merenggut korban jiwa.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.