Sukses

Waspadai Bahaya Wahana Permainan Anak

Mahal saja bukan jaminan permainan yang disediakan oleh pusat perbelanjaan bagi anak-anak memenuhi standar keselamatan, kebersihan, dan edukasi.

Liputan6.com, Jakarta: Wahana bermain anak kini mudah ditemui di mal atau pusat perbelanjaan Ibu Kota. Harga tiket masuk yang tergolong mahal tak mengurungkan niat orangtua yang ingin memanjakan buah hatinya. Tapi, mahal saja bukan jaminan permainan yang disediakan memenuhi standar keselamatan, kebersihan, dan edukasi.

Menurut data observasi Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia pada 10 arena bermain anak di mal mewah dan menengah Jakarta masih ada saja pengabaian faktor keselamatan, kebersihan, dan edukasi yang bisa merugikan anak. Ditambah lagi, orangtua pun tak memiliki cukup banyak pengetahuan soal ini.

Seperti arena permainan mandi bola, misalnya. Bola plastik warna-warni tentu menarik bagi anak-anak. Tapi bila tak diganti atau dibersihkan sepekan sekali, bola-bola ini bisa jadi sarang tumbuhnya bakteri ataupun cacing.

Selain itu, untuk keselamatan, komidi putar, ayunan, atau bumper car harus menyediakan sabuk pengaman. Dan bagi orangtua, mengawasi penuh saat anak bermain dan mencuci tangan usai bermain lebih baik demi keselamatan dan kesehatan anak Anda.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini