Sukses

Ribuan Pendulang Emas Dipulangkan Paksa

Pemerintah Kabupaten Buru memulangkan secara paksa ribuan pendulang emas yang sudah sebulan mencari emas di Pulau Buru, Provinsi Maluku.

Liputan6.com, Buru: Ribuan pendulang emas yang sudah sebulan mencari emas di Pulau Buru, Provinsi Maluku dipulangkan paksa oleh Pemerintah Kabupaten Buru, Rabu (15/2). Keberadaan ribuan pendulang emas ini membuat Pemkab Buru resah karena membuat lingkungan di sekitar lokasi tambang emas kini rusak parah.

Para pendulang emas dipulangkan menggunakan kapal KM Lambelu. Mereka berangkat dari Pelabuhan Namlea menuju daerah asal masing-masing di Sulawesi dan Pulau Jawa. Pemulangan ini menyusul lokasi tambang yang dikelola sejak sebulan silam kini ditutup Pemerintah Kabupaten Buru.

Selama ini sumber mata air dan pepohonan di hutan tropis rusak akibat penggalian dan penambangan. Tak terkecuali ribuan hektare lahan kayu putih di sekitar lokasi [baca: Pemkab Buru Desak Penambang Emas Tinggalkan Lokasi].

Meskipun pasrah, sejumlah warga kecewa atas penutupan tambang. Mereka berharap agar Pemkab Buru juga memberi kesempatan kepada mereka mencari nafkah di lokasi tambang untuk kebutuhan hidup keluarga.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.