Sukses

Jalur Sepeda 50 KM Segera Dibangun

Pemkot Jakarta Utara bekerjasama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan membangun jalur sepeda sepanjang 50 kilometer.

Liputan6.com, Jakarta: Ada kabar bahagia bagi pecinta gowes, rencananya pemerintah kota Jakarta Utara yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan membangun jalur sepeda sepanjang 50 kilometer.

Menurut Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono, pihaknya saat ini tengah membahas dengan pihak terkait.  "Kami masih membahasnya dan tinggal menunggu anggaran dari Dishub DKI Jakarta," ujar Bambang Sugiyono, belum lama ini.

Bambang menjelaskan, pembanguan dimulai dari Jl. Marina Raya, Jl Mandala Permai, Jl Pantai Indah Utara, Jl Pluit Karang Barat, Jl Pluit Karang Utara, dan Jl Pluit Timur. Kemudian berlanjut ke Jl Pluit Selatan, Jl Gedong Panjang, Jl Pakin, Jl Lodan Raya, Jl Yos Sudarso, Jl Tugu Utara, Jl Cakung Cilincing (Cacing), Jl Akses Marunda, serta sepanjang Kali Banjir Timur (KBT). " Jalur sepeda ini nantinya akan menyambung dan menghubungkan ke Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat," tuturya.

Lebih jauh Bambang menjelaskan, jalur sepeda akan dibuat di sisi kiri badan jalan dengan pembatas cat kuning atau seperator seperti layaknya jalur bus Transjakarta. Namun, lokasi rawan kecelakaan seperti Jl Cacing, dan Jl Yos Sudarso akan dibatasi dengan seperator. "Jalan Cacing dan Jl Yos Sudarso akan ada pelebaran jalan untuk pembangunan tol. Bila tol tersebut sudah jadi, nantinya truk kontainer akan langsung masuk ke pelabuhan Tanjungpriok tanpa mengganggu pengendara lainnya, khususnya sepeda, sehingga dapat meminimalkan kecelakaan," ungkapnya.

Tujuan dari pembangunan jalur sepeda ini, menurut Bambang, pihaknya ingin memberikan fasilitas umum bagi masyarakat dan mengurangi polusi dalam rangka mendukung program langit biru yang digencarkan Pemprov DKI Jakarta. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.