Sukses

Gejolak Suriah Menyebar Hingga Lebanon

Gejolak Suriah yang terus berlanjut rupanya tidak hanya terjadi di dalam negeri tersebut, melainkan hingga ke negara tetangga Lebanon.

Liputan6.com, Beirut: Gejolak di Suriah yang terus berlanjut rupanya tidak hanya terjadi di dalam negeri tersebut, melainkan sampai ke negara tetangga Lebanon. Seperti dilansir NHK, Ahad (12/2), di Lebanon terjadi demonstrasi terhadap pemerintahan Presiden Bashar al-Assad. Aksi protes tersebut menimbulkan bentrokan antara para demonstran dan pendukung Assad.

Di utara Tripoli, Lebanon, baku tembak pecah antara demonstran dan pendukung Assad. Tentara Lebanon dikirim ke tempat kejadian untuk mendamaikan keadaan. Tapi sayang, upaya tersebut gagal. Alhasil, dua orang tewas dan 20 terluka dalam baku hantan panjang yang terjadi hingga Sabtu itu.

Selama ini, Suriah memiliki pengaruh yang kuat terhadap Lebanon. Pemerintah Suriah telah mengerahkan tentara di negara itu selama tiga dasawarsa terakhir hingga 2005.

Konfrontasi antara kelompok muslim Alawi dan Sunni diyakini sebagai penyebab kekacauan di Suriah. Kelompok Alawi saat ini mendominasi pemerintahan Suriah, sementara Sunni menjadi minoritas di pemerintahan, sehingga kelompok kecil ini melakukan aksi demonstrasi anti-pemerintah.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.