Sukses

Indonesia Berniat Beli Apache

Indonesia berencana membeli delapan unit helikopter Apache dari Amerika Serikat. Namun, belum ada kesepakatan antara pemerintah kedua negara terkait pembelian tersebut.

Liputan6.com, Jakarta: Indonesia berencana membeli delapan unit helikopter Apache dari Amerika Serikat. "Kalau tidak salah sebanyak delapan unit," kata Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin di Jakarta, Kamis (9/2).

Sjafrie menambahkan, pengadaan delapan unit pesawat tempur jenis Apache itu bukan karena ditawarkan begitu saja oleh pihak Amerika kepada pemerintah Indonesia. "Rencana pembelian pesawat sejumlah itu dilakukan sesuai dengan kebutuhan Indonesia. Mereka tidak menawarkan, kita yang mencari," ujarnya. Namun, belum ada kesepakatan antara pemerintah kedua negara terkait pembelian tersebut.

Helikopter Apache AH-64 adalah helikopter dengan empat baling-baling, dua mesin, dan tiga roda pendaratan. Capung mesin tersebut termasuk ke dalam golongan helikopter penyerang (serbu) yang dioperasikan dua orang kru. Heli Apache dikembangkan sebagai Model 77 oleh Hughes Helicopter untuk angkatan bersenjata Amerika Serikat menggantikan AH-1 Cobra.(Ant/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.