Sukses

Pemprov DKI Minta Warga Jaga Hewan Peliharaan

"Warga yang digigit anjing, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya pemilik anjing akan membiayai perawatan korban yang digigit anjing di rumah sakit," ujar pejabat setempat.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 26 warga Jakarta Utara tercatat menjadi korban gigitan anjing selama periode Januari hingga 6 Februari tahun ini. Mencuatnya kasus ini, disebabkan lalainya warga, terutama para pemilik anjing saat memelihara hewan peliharaannya tersebut. Untuk itu, Sudin Peternakan, Perikanan dan Kelautan Jakarta Utara mengimbau kepada warga untuk selalu waspada dan berhati-hati baik itu terhadap hewan liar maupun hewan peliharaan.

Menurut laman beritajakarta.com, Senin (6/2), Kasie Pengawasan dan Pengendalian Sudin Peternakan, Perikanan dan Kelautan Jakarta Utara, Muhammad Nasir, mengatakan 26 kasus gigitan anjing terhadap warga itu berdasarkan laporan RS Sulianti Saroso Jakarta Utara. "Dari 26 kasus itu, terdiri dari satu kasus gigitan oleh anjing liar dan 25 gigitan oleh anjing peliharaan atau ada pemiliknya. Kasus itu terjadi karena anjing tidak diikat menggunakan brongsong atau penutup mulut anjing," ujar Nasir, Senin (6/2).

menurutnya, warga yang digigit anjing, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya pemilik anjing akan membiayai perawatan korban yang digigit anjing di rumah sakit.

Setelah kedapatan menggigit manusia, lanjut Nasir, anjing itu akan ditangkap dan dibawa ke Balai Kesehatan Hewan dan Ikan (BKHI) DKI Jakarta di Ragunan, Jakarta Selatan, untuk diobservasi selama 14 hari. Selama diobservasi, bila ditemukan negatif rabies pada anjing tersebut, pemilik baru bisa mengambilnya 14 hari kemudian.

Sementara itu, untuk mengantisipasi penyebaran hewan pembawa rabies, lanjut Nasir, pihaknya terus menggelar operasi penangkapan hewan penular rabies setiap satu bulan sekali. (Beritajakarta/ARI)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.