Sukses

Romney Memenangi Pemilihan Nevada

Mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney memenangi pemilihan kandidat presiden Partai Rebublik untuk wilayah Nevada.

Liputan6.com, Nevada: Mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney memenangi pemilihan kandidat presiden Partai Rebublik untuk wilayah Nevada. Seperti yang dilaporkan laman NHK, pemilihan yang diadakan Sabtu (4/2), Romney memperoleh suara terbanyak, yakni sebesar 42 persen.

Mantan anggota Dewan Newt Gingrich mesti puas berada di posisi kedua dengan suara sebanyak 25 persen. Kemudian diikuti oleh dua kandidat lain, yakni politisi Ron Paul dengan perolehan suara sebesar 20 persen dan mantan senator Pennsylvania Rick Santorum 13 persen.

Kemenangan Romney dipengaruhi oleh latar belakangnya sebagai mantan pengusaha. Warga Nevada sangat mempertimbangkan kandidat yang mempunyai kemampuan dalam berbisnis seperti yang Romney miliki. Selain itu, banyaknya anggota kelompok agama Kristen, Mormon di Nevada juga menjadi faktor kemenangannya. Hal ini lantaran, Romney adalah salah satu anggota Mormon.

Kemenangan di Nevada menjadi sebuah peluang besar bagi Romney untuk menjadi nomor satu di pemilihan pendahuluan pada 6 Maret mendatang. Dalam pemilihan nanti, para kandidat Partai Republik akan dipilih oleh 11 negara bagian.

Sebelumnya, Rommey telah memenangi pemilihan pendahuluan di Florida. Hingga saat ini, dalam lima pemilihan terakhir, ia telah meraih tiga kali kemenangan.(NHK/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.