Sukses

Nenek Berusia Lanjut Ikut Lomba Dayung

Menjelang ulang tahun Merauke, Papua, ke 110, digelar lomba dayung tradisional. Uniknya, lomba dayung ini juga diikuti kaum wanita termasuk seorang nenek berusia lanjut.

Liputan6.com, Merauke: Ribuan warga dari berbagai kampung, Sabtu (4/2), mendatangi danau Taman Nasional Wasur, Merauke, Papua. Mereka datang bukan hendak mencari ikan, tapi menyaksikan lomba dayung yang digelar untuk menyambut ulang tahun Kota Merauke ke 110.

Dengan dukungan penonton yang begitu bersemangat, para peserta berusaha mengayuh dayungnya sekuat tenaga untuk menjadi yang tercepat. Namun karena bukan atlet dayung terlatih, peserta malah saling tabrak. Tak sedikit peserta yang harus terjun ke air karena perahu mereka saling bertabrakan. Tapi, hal itu justru menjadi hiburan bagi penonton.

Tak hanya pria, wanita pun ikut lomba dayung. Di antaranya seorang nenek berusia 72 tahun bernama Maria Kaimu. Meski berusia lanjut, nenek Maria masih gesit mendayung perahu. Maklum, sehari-hari ia mendayung perahu untuk mencari ikan. Walaupun tidak menang nenek yang kuat ini mendapat sambutan hangat dari penonton.

Perlombaan akhirnya dimenangi tim Asmat yang merupakan utusan warga Suku Asmat. Selain lomba dayung, perayaan HUT Kota Merauke dimeriahkan berbagai lomba lain, seperti lomba lintas alam dan pertandingan olahraga.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini