Sukses

Udara Dingin Tewaskan Puluhan Orang

Cuaca dingin di Eropa Timur menewaskan 89 orang. Sementara, ratusan orang dilarikan ke rumah sakit akibat menderita radang dingin atau hiportemia.

Liputan6.com, London: Udara dingin tengah menyergap Eropa Timur dan menewaskan sedikitnya 89 orang. Sebelumnya, situasi serupa di Eropa Tengah dan Timur menewaskan 50 orang [baca: Eropa Membeku, 50 Orang Tewas].  

di Ukraina, menurut situs NHK, Kamis (2/1), suhu turun hingga minus 33 derajat Celcius dan menewaskan 43 orang. Para korban adalah kalangan tuna wisma. Sementara hampir 800 orang lainnya dirawat di rumah sakit akibat menderita radang dingin atau hipotermia.

Di Polandia, suhu mencapai minus 30 derajat Celsius dan menewaskan 20 orang. Sementara itu, pasukan militer di Bosnia telah mengevakuasi para orang tua dari wilayah yang dilanda salju tebal menggunakan helikopter.Mereka juga mengirimkan bantuan berupa makanan, obat-obatan, dan perlengkapan lainnya, melalui jalur udara tersebut.

Melihat keaadaan ini, pihak berwenang juga telah menyiapkan sebanyak  lebih dari 1.700 tempat penampungan bagi para tuna wisma di seluruh negeri. Namun, mereka terkendala masalah persediaan alat pemanas dan pakaian hangat yang minim.

Para ahli cuaca memperkirakan udara dingin itu akan terus berlanjut selama pekan ini.(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.