Sukses

Aktivis HAM Minta Sisa Foto Kematian Osama Dirilis

CIA enggan mengungkap seluruh foto kematian Osama. Akibatnya, aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) meminta AS merilis sisa foto jasad Osama.

LIputan6.com, Washington DC: Sejak kematian Osama bin Laden sembilan bulan lalu, beberapa foto jasad Osama telah dirilis [baca: Akhirnya, Foto Jasad Osama Dirilis]. Namun, hal itu masih menyimpan rahasia karena CIA enggan mengungkap seluruh foto kematian Osama. Akibatnya, aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) meminta AS merilis sisa foto jasad Osama.

Media Dailymail mewartakan, Rabu (1/2), pemerintah AS akan dipaksa mengungkapkan 52 grafis kematian Osama. Aktivis beranggapan jika pemerintahan Obama terlalu jauh dalam mencoba untuk menyimpan semua rahasia kematian foto pemimpin jaringan teroris tersebut.

Mantan Direktur Kehakiman Kantor Departemen Informasi dan Privasi Dan Metcalfe mengatakan, foto Osama itu merupakan bagian dari catatan yang secara hukum diharuskan untuk diungkapkan.

Mereka meminta CIA untuk segera mengeluarkan foto Osama dengan luka peluru fatal di kepala yang menewaskannya dan gambar mengerikan lainnya, serta foto jenazahnya. Namun, CIA khawatir jika foto dirilis bisa menyebabkan ancaman serangan teror yang menargetkan AS oleh kalangan ekstremis lainnya. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini