Sukses

Warga Sukolilo Tolak Pembangunan Pabrik Semen

Unjuk rasa ribuan warga Sukolilo, Pati, Jawa Tengah, menolak pembangunan pabrik semen diwarnai bentrokan. Bentrokan dipicu pengadangan sekelompok orang bayaran yang mendukung keberadaan pabrik semen tersebut.

Liputan6.com, Pati: Unjuk rasa ribuan warga menolak pembangunan pabrik semen di Sukolilo, Pati, Jawa Tengah, Senin (30/1), diwarnai bentrokan. Bentrokan dipicu pengadangan sekelompok orang bayaran yang mendukung keberadaan pabrik semen tersebut.

Pantauan SCTV, unjuk rasa mendapat pengawalan ketat polisi karena berpotensi menjadi bentrok terbuka. Apalagi di saat bersamaan sekelompok orang yang prokeberadaan pabrik juga mengerahkan massa.

Dalam aksi itu, warga yang kebanyakan kaum ibu berusaha menembus barikade dari kelompok pendukung pabrik semen. Jumlah massa yang lebih banyak membuat kelompok propabrik semen kewalahan sehingga mereka mundur.

Unjuk rasa dilakukan untuk menekan tim analisis dampak lingkungan (Amdal) Pemerintah Kabupaten Pati yang sedang menggelar sidang. Warga beralasan keberadaan pabrik semen akan merusak sumber mata air yang selama ini digunakan warga. Selain itu, pabrik semen juga dikhawatirkan merusak Pegunungan Kendeng yang dikenal sebagai penghasil kapur.

Tim Amdal belum mengambil keputusan tentang analisis dampak lingkungan dari pabrik semen yang ditolak warga tersebut.(ADI/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.