Sukses

Kota Banda Aceh Diguncang Gempa

Kota Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, diguncang gempa berkekuatan 5 skala Richter, Senin sekitar pukul 19.44 WIB.

Liputan6.com, Banda Aceh: Kota Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, diguncang gempa berkekuatan 5 skala Richter, Senin (23/1) sekitar pukul 19.40 WIB. Guncangan dirasakan berlangsung kurang dari tiga detik. Warga di kota itu sempat keluar dari bangunan, terutama mereka yang sedang berada di bangunan bertingkat.

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikasi (BMKG) Stasiun Mata Ie Aceh Besar, Fanny,  mengatakan bahwa gempa itu berlokasi di 4,75 lintang utara (LU) dan 94,67 bujur timur (BT) atau berjarak sekitar 108 kilometer barat daya Kota Banda Aceh ,dengan kedalaman 10 kilometer.

Fenomena alam itu dirasakan masyarakat Kota Banda Aceh dengan skala II Modified Mercally Intensity (MMI)."Sejauh ini kami menerima laporan hanya masyarakat Kota Banda Aceh yang merasakan guncangan gempa itu," kata Fanny.

Pascagempa utama yang disertai tsunami pada 26 Desember 2004, pesisir barat Provinsi Aceh masih sering dilanda gempa bumi. Gempa dan tsunami akhir 2004 itu mengakibatkan korban jiwa sekurang-kurangnya 200 ribu masyarakat Aceh hilang dan meninggal dunia.(Ant/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.