Sukses

Kirab Barongsai dan Liong di Kuta

Di kawasan Kuta, Bali, tetabuhan musik tradisional Cina mengiringi kirab ratusan warga keturunan Tionghoa did aerah itu bersama barongsai dan naga liong sepanjang seratus meter.

Liputan6.com, Denpasar: Beragam atraksi barongsai dan membagi angpao mewarnai perayaan Tahun Baru Imlek di berbagai daerah, Senin (23/1). Di kawasan Kuta, Bali, tetabuhan musik tradisional Cina mengiringi kirab ratusan warga keturunan Tionghoa did aerah itu bersama barongsai dan naga liong sepanjang seratus meter.

Dalam tradisi yang disebut ngelawang itu, rombongan  berhenti di setiap persimpangan untuk menghaturkan sesajen dan berdoa. Di saat bersamaan, barongsai dan liong memperlihatkan aksinya. Selain itu, barongsai juga melahap angpao Imlek yang tergantung di depan rumah warga.

Di Mojokerto, Jawa Timur, aksi barongsai mengambil  angpao yang digantung di setiap depan rumah atau pertokoan milik warga. Satu per satu amplop merah berisi uang menjadi incaran barongsai dan liong.

“Kami berharap, energi negatif tersingkirkan dan energi positif akan senantiasa menghampiri di tahun yang baru ini,” kata Anita, warga Mojokerto.

Di Jakarta, wahana Ocean Dream Samudera Ancol menggelar kisah cinta seorang putri Tionghoa yang diperagakan oleh para perenang dan beberapa ekor lumba-lumba. Di akhir cerita, barongsai muncul menyemarakkan suasana dan seakan menari-nari di dalam air.(SHA)  



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.