by

Gingrich Dipastikan Menang di South Carolina

  • Internasional
  • 0
  • 22 Jan 2012 12:01
Liputan6.com, Washington: Newt Gingrich bisa dipastikan memenangkan pemilihan primer South Carolina dalam penentuan calon presiden dari Partai Republik. Jika menang, mantan pembicara DPR atau House of Representatives itu akan berjuang dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada November mendatang.

Seperti dikutip NHK, Ahad (22/1), penghitungan suara sudah dimulai pada Sabtu malam. Sementara menurut saluran televisi ABC, jajak pendapat dan data lainnya menunjukkan Gingrich dipastikan bisa memenangkan primer tersebut. 

Dengan dua persen dari hasil suara penghitungan sementara, Gingrich memimpin sebanyak 36 persen. Sedangkan mantan gubernur Massachusetts, Mitt Romney, yang menang telak di New Hampshire, berada di posisi kedua dengan 34 persen dan mantan Senator Rick Santorum memiliki 15 persen.

Konservatif Gingrich sebelumnya dengan singkat merajai jajak pendapat nasional Desember lau. Namun, ia tak cukup beruntung saat di Iowa dan New Hampshire. Gingrich hanya menduduki posisi keempat di Iowa dan New Hampshire.

Di South Carolina, Gingrich dengan cepat mendapatkan dukungan setelah debat di televisi dan mengkritik Romney dengan iklan TV miliknya. Kemenangan Gingrich di negara konservatif ini diharapkan bisa memperkuat statusnya sebagai pemimpin dari konservatif.(BOG)
Comments
Sign in to post a comment