by

Lomba Mewarnai Burung Garuda Diwarnai Kecurangan

  • Daerah
  • 0
  • 22 Jan 2012 11:11
Liputan6.com, Polewali Mandar: Lomba mewarnai burung Garuda Pancasila yang diikuti ribuan murid taman kanak-kanak dari berbagai sekolah di Gedung Nasional Jalan Bahari, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Ahad (22/1) siang, berlangsung kacau. Karena para guru dan orangtua murid bermain curang dengan membantu peserta. Mereka ikut mewarnai burung garuda yang seharusnya dikerjakan sendiri oleh peserta.

Panitia lomba sudah melarang keras. Tapi imbauan panitia yang dihiraukan para guru dan orangtua murid. Meski lomba berlangsung dalam suasana gaduh dan sesak akibat guru dan orangtua ikut merambah ke tengah arena lomba, namun sebagian anak-anak yang polos ini tampak tetap antusias mewarnai burung Garuda Pancasila yang dibagikan panitia.

Farhan, peserta lomba mewarnai dari TK Bayangkari Polewali Mandar ini misalnya mengaku gembira dan senang bisa ikut lomba mewarnai. Hanya saja suasana bising dan berdesak-desakan membuat Farhan tak betah tinggal lama di lokasi lomba.
 
Walaupun hampir semua guru dan orangtua bertindak curang memenangkan anak atau muridnya, namun sejumlah orang tetap melihat lomba ini sebagai ajang memacu bakat dan kepercayaan diri anak. Berbeda dengan yang lain, Andika Akka, orangtua peserta mengatakan menjadi pemenang lomba patut diapresiasi, tapi mengajari anak dengan cara-cara tak mendidik justru akan merusak mental dan kemandirian anak-anak kelak.(AIS)
Comments
Sign in to post a comment