Sukses

Misi Tim Pemantau Liga Arab Berakhir

Sebuah tim yang disebar di beberapa kota di Suriah sejak bulan lalu, telah kembali ke negara asal mereka. Misi pemantauan situasi di Suriah, adalah yang pertama kalinya dilakukan pihak internasional.

Liputan6.com, Kairo: Tugas Liga Arab memantau kekerasan pemerintah Suriah yang dilakukan terhadap para demonstran, telah berakhir Kamis kemarin. Sebuah tim beranggotakan lebih dari 150 pemantau yang disebar di beberapa kota di Suriah sejak bulan lalu, telah kembali ke negara asal mereka. Demikian seperti dilansir situs NHK Jumat (20/1).

Pemerintah setempat telah mengizinkan tim pemantau tersebut menyebar di beberapa wilayah Suriah. Termasuk Kota Homs di wilayah tengah, tempat terjadinya tindakan keras kekerasan yang dilakukan pasukan pemerintah.

Tim tersebut diharapkan akan menyampaikan hasil pemantauannya pada Liga Arab Sabtu pagi. Kemudian Liga akan membahas langkah-langkah berikutnya yang akan mereka ambil.

Misi pemantauan situasi di Suriah tersebut, adalah yang pertama kalinya dilakukan pihak internasional. Namun sebuah kelompok hak asasi manusia di Suriah melontarkan kritik pedas terhadap pengamat utusan Liga Arab itu.

Kelompok tersebut menyebut mereka sekolompok amatir yang tak berguna. Keefektivitasan tim pemantau itu pun dipertanyakan, karena tindakan kekerasan terus terjadi di Suriah. Buktinya lebih dari 40 orang telah tewas dalam 2 hari terakhir.(IAN/NHK)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.