Sukses

Demo Buruh, Kawasan Industri di Bekasi Lumpuh

Sekitar seratus ribuan buruh Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar aksi besar-besaran di sejumlah kawasan industri di Bekasi, seperti di MM 2100, Delta silikon, Kawasan Hyundai, Bekasi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Bekasi: Sekitar seratus ribuan buruh Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar aksi besar-besaran di sejumlah kawasan industri di Bekasi, seperti di MM 2100, Delta silikon, Kawasan Hyundai, Bekasi, Jawa Barat. Demo juga mengganggu kegiatan Industri di wilayah tersebut, karena para buruh mendatangi pabrik-pabrik dan memaksa karyawannya untuk ikut berunjuk rasa.

Pantauan SCTV Kamis (19/1) siang, seluruh toko di wilayah itu memilih ditutup. Banyaknya demonstran juga membuat jalan di kawasan itu lumpuh total. Seluruh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat terpaksa beralih masuk tol Jakarta-Karawang.

Demo ini merupakan buntut dari keinginan buruh yang meminta Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) agar tidak menggugat UMK yang ditetapkan pemerintah Kota Bekasi. Apindo menggugat Pemerintah Kota Bekasi, terkait  ketidakpuasan atas penetapan UMK Bekasi 2012 yang direkomendasikan direvisi dari sebelumnya Rp1.422.252 menjadi Rp1.470.000. Akibat aksi ini jalan tol Bekasi-Lipo Cikarang, lumpuh total lantaran ditutup para buruh. (APY/ARI)

 




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini