Sukses

Enam Negara Kembali Bahas Nuklir Korut

Pemerintah AS, Korsel, dan Jepang adakan pertemuan di Washington terkait rencana dialog mengenai nuklir Korut. Korut diminta menghentikan program nuklirnya dengan imbalan bantuan ekonomi.

Liputan6.com, Washington DC: Enam negara akan kembali berdialog terkait program nuklir Korut. Rencana pertemuan enam negara ini diawali dengan kunjungan delegasi Korea Selatan, Lim Sung Nam, dan diplomat Jepang, Shinsuke Sugiyama, ke Washington DC, Amerika Serikat, baru-baru ini. Dalam pertemuan tersebut, kedua delegasi ini disambut Sekretaris Negara AS untuk Kawasan Asia-Pasifik, Kurt Campbell.

AS, Cina, Rusia, Jepang, dan kedua Korea adalah peserta dalam pembicaraan enam negara nuklir. Mereka bermaksud meyakinkan Korea Utara untuk menghentikan program nuklirnya dengan imbalan bantuan ekonomi.

Beberapa laporan berita mengindikasikan Korea Utara siap untuk mengumumkan kesepakatan dengan AS untuk menghentikan program pengayaan uraniumnya dengan imbalan bantuan pangan sangat dibutuhkan. Namun, negara berpaham komunis itu menolak syarat yang ditetapkan pejabat AS bahwa Pyongyang harus menghentikan program pengayaan uranium dan mengizinkan pemeriksa Perserikat Bangsa-Bangsa kembali ke negara itu.

Hingga kini, kesepakatan tersebut masih belum jelas. Hal itu karena langkah pemimpin baru Korea Utara, Kim Jong Un, untuk membuat konsesi untuk mengkonsolidasikan kekuasaan setelah kematian ayahnya masih belum diprediksi.(VOA/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.