Sukses

Banjir di Serang Mulai Surut

Memasuki hari ketiga, banjir yang melanda di sejumlah kabupaten Provinsi Banten mulai surut. Ketinggian air merendam sekitar 150 hingga 200 desa turun dari dua setengah meter menjadi setengah meter.

Liputan6.com, Serang: Memasuki hari ketiga, banjir yang melanda di sejumlah kabupaten Provinsi Banten mulai surut. Ketinggian air merendam sekitar 150 hingga 200 desa turun dari dua setengah meter menjadi setengah meter.

Reporter SCTV Feby Grace di Serang, Senin (16/1), melaporkan, ketinggian air kini berkisar setengah meter. Warga pun sudah kembali ke rumah untuk mengambil beberapa barang dan pakaian yang bisa diselamatkan. Namun, sejumlah warga mengaku trauma dengan kondisi saat ini sehingga mereka memilih untuk mencari tempat tinggal baru yang bebas banjir.

Warga juga sempat mengungsi di sejumlah titik di kantor kecamatan, hingga pinggir jalan tol dengan mendirikan tenda darurat. Diperkirakan setidaknya 10 ribu kepala keluarga mengungsi akibat musibah ini.

Gubernur Banten Ratu Atut Chosyiah, Menteri Sosial H. Salim Segaf Al-Jufri, serta Wakil Menteri Pekerjaaan Umum A. Hermanto Dardak juga sempat mendatangi lokasi pengungsian guna memberikan bantuan. Selain bantuan, para pejabat tersebut berjanji memberikan bantuan berupa benih padi terkait terendamnya ribuan hektare sawah. Menteri Sosial juga memberikan bantuan berupa obat-obatan, selimut dan bahan makanan. Bantuan ini diharapkan bisa disalurkan ke seluruh desa yang terdampak banjir.

Meski kondisi berangsur mulai normal, warga mengeluhkan aktivitas belum bisa maksimal karena listrik masih padam. Mereka juga kekurangan air bersih untuk minum, mandi, dan memasak. Warga terpaksa membeli air galon untuk kebutuhan sehari-hari. Mereka berharap pemerintah bisa segera bertindak cepat mengatasi banjir besar ini.(ADI/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.