Sukses

Amien Rais: Demo Masih Diperlukan

Demonstrasi yang dilakukan kalangan aktivis mahasiswa maupun petani dan buruh, menurut Ketua MPP Partai Amanat Nasional Amien Rais masih diperlukan. Demonstrasi selama tidak destruktif dan anarkis masih diperbolehkan.

Liputan6.com, Jakarta: Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menilai bahwa demonstrasi yang dilakukan kalangan aktivis mahasiswa maupun petani dan buruh sangat diperlukan. Ini agar para pejabat tidak buta dan tuli melihat kondisi permasalahan bangsa yang selama ini terjadi.

"Demo itu sangat perlu, kalau nggak demo, pejabat yang sudah terlalu jauh mengalami defiasi akan tebal muka, akan buta, bisu dan tuli. Saya sebagai orang yang pernah masuk lingkaran politik menilai demo itu tidak negatif," jelas Amien saat ditemui di acara pelantikan BM PAN di Gedung YTKI, Jakarta, belum lama ini.

Lebih lanjut mantan Ketua MPR RI ini, juga menjelaskan bahwa saat ini rakyat makin cerdas, peka dalam menggunakan hak politiknya terlebih menggunakan pendapatnya dalam mengaspirasikan keluhannya. Namun demonstrasi yang semakin marak dan selama masih tidak destruktif dan anarkis masih dibolehkan. "Tapi kalau ada pengrusakan, ya jelas tidak boleh," tegasnya.

"Memang Presiden dan Wapres, Gubernur, Menteri jadi sasaran demo yang tajam, yang penting bagaimana pemerintah menerima dengan lapang dada, jangan terlalu curiga. Kemudian yang demo ada rambu-rambu juga. Jangan sampai ada kekerasan fisik dan korban jiwa," tandasnya.(ADM/IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini