Sukses

Banjir Rendam Tiga Desa di Kudus

Ketinggian air bah yang merendam empat desa di Kabupaten Kudus, Jateng, mencapai hingga setengah meter. Banjir juga menggenangi ratusan hektare tanaman padi di tiga kecamatan.

Liputan6.com, Kudus: Hujan deras dalam seminggu terakhir di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Ahad (15/1), menyebabkan anak Sungai Piji meluap dan merendam empat desa. Ketinggian air kini mencapai hingga setengah meter sehingga aktvitas warga terganggu.

Air bah di antaranya menggenangi Desa Mejobo, Kecamatan Mejobo. Beberapa kendaraan sepeda motor yang nekat melintas mogok karena ketinggian air mencapai hingga 60 centimeter. Desa lain yang terendam yakni Desa Golan Tepus, Kirig, dan Desa Tanggulangin.

Sedikitnya ada 75 rumah milik warga terendam banjir. Menurut Mahfuid, warga Desa Mejobo, banjir ini terjadi akibat meluapnya anak Sungai Piji dan buruknya sistem drainase.

Selain merendam permukiman warga, banjir juga menggenangi ratusan hektare tanaman padi di tiga kecamatan yaitu Jekulo, Jati, dan Mejobo. Banjir yang merendam tanaman padi di Kudus merupakan yang kedua kali di awal tahun ini. Akibatnya para petani terancam merugi hingga ratusan juta rupiah karena banyak tanaman padi yang siap panen akan membusuk.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini