Asal Usul Nama Harimau

  • Sosial & Budaya
  • 0
  • 13 Jan 2012 08:23
Liputan6.com, Riau: Boleh jadi sebagian orang masih bertanya-tanya asal-usul pemberian nama Harimau. Hewan ini awalnya bernama asli Tigris atau dalam Bahasa Inggris disebut tiger. Kata "Tiger" ternyata berasal dari kata Yunani "tigris". Dan "Tigris" kemungkinan bersumber dari Persia yang artinya anak panah.
 
Panah melambangkan kecepatan hewan yang luar biasa dan juga tempat asalnya pertama kali yakni di Sungai Tigris, Irak. Barulah kemudian diserap Bahasa Inggris Amerika menjadi Tigress yang kali pertama tercatat pada 1611.
 
Harimau termasuk dalam keluarga kucing namun berukuran amat besar. Hal itu diungkapkan seorang ilmuwan asal Swedia, Carolus Linnaeus, yang terkenal sebagai "bapak taksonomi modern" dan juga salah satu bapak ekologi modern.

Saat itu, ia ke Belanda dan bertemu dengan ahli botani Jan Frederik Gronovius dan memperlihatkan rancangan makalahnya mengenai taksonomi, yang berjudul Systema Naturae pada abad ke-18.
 
Dari penelitian tersebut dalam bahasa ilmiah sederhana, harimau atau panthera tigris juga sering diduga berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata "Pan Theron". "Pan" berarti semua dan "Theron" berarti bintang. Namun hal itu bukan kebenaran mutlak dan hanya etimologi rakyat di masa itu.

Di Asia Timur juga berkembang mengenai asal usul harimau yakni berarti "binatang kekuningan" (yellowish animal), atau "kuning keputihan" (whitish yellow). (berbagai sumber/MEL)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler