Sukses

Sambut imlek, Pernak-pernik Mulai Dipasang

Meski masih 10 hari lagi, persiapan menyambut Tahun Baru Cina 2563 di Klenteng Tien Kok Sie di Kota Solo, Jateng, sudah terlihat. Pernak-pernik Imlek sudah terpasang di berbagai sudut klenteng.

Liputan6.com, Solo: Tahun Baru Cina 2563 masih 10 hari lagi. Namun, kesibukan terus dilakukan di Klenteng Tien Kok Sie di Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (12/1). Sejumlah pegawai klenteng tertua yang berada di kompleks Pasar Gedhe Solo ini mulai memasang pernak-pernik Imlek di berbagai sudut klenteng.

Mereka memasang liong atau naga di pintu masuk klenteng sebagai simbol meyambut datangnya Tahun Naga Air kali ini. Meja altar juga tidak luput dibersihkan. Berbagai lampion turut dipasang. Dalam bahasa Tionghoa, lampion menjadi simbol penerangan untuk menjadi penerang jalan hidup manusia.

Sejak dua hari terakhir, kesibukan terus meningkat karena rangkaian ritual Imlek bakal dimulai 14 Januari mendatang. Berbagai ritual menyambut Imlek digelar selama tiga pekan, antara lain doa untuk dewa dapur yang diyakini menjadi penaung rumah tangga serta ritual permohonan maaf bagi seluruh umat. Rangkaian ritual ini akan dipimpin biksu-biksu Buddha dari Semarang.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.