Sukses

Tolak Penggusuran, Warga Ternate Blokade Jalan

Ratusan warga Ternate, Maluku Utara, memblokade jalan sebagai bentuk penolakan terhadap penggusuran kebun mereka oleh pemerintah kota.

Liputan6.com, Ternate: Ratusan warga Ternate, Maluku Utara, Rabu (11/1) memblokade jalan sebagai bentuk penolakan terhadap penggusuran kebun mereka oleh pemerintah kota. Dengan membakar sejumlah pagar tanaman, warga Kelurahan Gambesi ini menyatakan menolak penggusuran perkebunan rakyat oleh Pemkot Ternate.

Warga juga menyegel Kantor Lurah Gambesi sebagai bentuk protes terhadap lurah setempat yang dinilai tidak serius dalam menyelesaikan sengketa lahan dengan pemerintah kota. Aparat kepolisian yang terjun ke lokasi kejadian tak bisa berbuat apa-apa karena jumlah pengunjuk rasa jauh lebih besar.

Menurut warga, lahan sengketa seluas 25 hektare merupakan lahan milik rakyat yang sudah didiami selama bertahun-tahun. Warga menilai pihak pemkot lebih memihak sejumlah pengusaha tanpa memikirkan hak-hak masyarakat. Untuk itu warga meminta pihak pemkot segera membatalkan keabsahan 21 sertifikat yang dipegang pengusaha.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini