Buruh Bekasi Gelar Demo Gugat Apindo

  • Daerah
  • 0
  • 11 Jan 2012 09:04
Liputan6.com, Cibitung: Ribuan buruh Bekasi memenuhi janjinya menggelar unjuk rasa besat-besaran di kawasan industri MM 2100 di Cibitung Bekasi. Mereka menuntut Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) agar tidak menggugat UMK Bekasi. Apindo menggugat Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, terkait ketidakpuasan atas penetapan UMK Bekasi 2012 yang direkomendasikan direvisi dari sebelumnya Rp1.422.252 menjadi Rp1.470.000.

Aksi ribuan buruh ini berlangsung sejak pukul 07.00 WIB. Unjuk rasa buruh ini menutupakses pintu tol Cibitung, sehingga ribuan kendaraan yang akan memasuki kawasan Industri MM 2100 dan Cibitung terhalang. Hingga berita ini ditulis, aparat keamana masih bernegosiasi dengan sejumlah pimpinan buruh, agar unjuk rasa tidak membuat lalu lintas macet. Pintu tol Cibitung sudah bisa dibuka, namun arus lalu lintas masih tersendat.

Tindakan Pemkot Bekasi menaikkan UMk karena dnilai, upah buruh saat ini tidak memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dan rekomendasi ini ditetapkan berdasarkan musyawarah dari Dewan Pengupahan Kota Bekasi yang mengutus perwakilan dari pihak perusahaan, serikat buruh, juga pemerintah. Angka Rp 1.470.000 direkomendasikan karena pemerintah menilai dari segi kemampuan perusahaan dengan variabel ekonomi yang ada.(ARI)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler