Sukses

Kelompok Tani Temanggung Gelar Kontes Kelinci

Kelompok tani di Temanggung, Jateng, menggelar kontes kelinci. Kontes ini terbilang tidak lazim karena puluhan ekor kelinci dari berbagai jenis dikonteskan.

Liputan6.com, Temanggung: Sekitar 25 ekor kelinci dari berbagai jenis, baik hias maupun lokal, mengikuti kontes kelinci yang diadakan oleh Kelompok Tani Peternak Kelinci Desa Muntung, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (10/1). Sebelum mengikuti kontes, kelinci-kelinci tersebut terlebih dulu dipamerkan pada pengunjung.

Ada kelinci hias jenis rex, Australia, dan hot spot, serta lokal. Seluruhnya terlihat sangat lucu dan mampu menyedot perhatian pengunjung yang datang. Beberapa tahapan kontes yang harus diikuti peserta, yakni penilaian kesehatan dan keindahan.

Untuk penilaian kesehatan meliputi berat badan, kuku, dan telinga. Sedangkan untuk penilaian keindahan meliputi bulu, bentuk kaki, dan bentuk telinga.

Salah seorang peserta kontes, Wahyudi, mengatakan bahwa ia tertarik mengikuti kegiatan ini bukan untuk menjadi juara, tetapi karena senang dan hobi memelihara kelinci. "Selain pemeliharaannya mudah, harga jualnyapun lumayan. Kelinci jenis hias, satu ekornya bisa dijual seharga Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta," jelasnya.

Panitia kontes Nurdin mengatakan, kegiatan yang baru kali pertama dilaksanakan ini bertujuan memasyarakatkan ternak kelinci di Kabupaten Temanggung. Menurutnya, berternak kelinci memiliki prospek sangat bagus untuk menambah pendapatan keluarga.

"Kami berharap, ke depan harga kelinci akan semakin terdongkrak," kata Nurdin.(BJK/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini