Sukses

Liga Arab Gagal Hentikan Kekerasan di Suriah

Liga Arab menggelar pertemuan di ibukota Mesir, Kairo, untuk membahas gejolak di Suriah. Ratusan pengamat dari Liga Arab telah dikerahkan di Suriah sejak Desember lalu.

Liputan6.com, Damaskus: Liga Arab akan mengirim tim pengamat lebih banyak ke Suriah. Tapi pihaknya akan menghentikan perjanjian yang menyetujui langkah-langkah tegas dalam upaya menghentikan aksi kekerasan terhadap para demonstran. Demikian dilaporkan NHK, Senin (9/1).
 
Liga Arab juga sudah menggelar pertemuan di ibukota Mesir, Kairo, pada Ahad kemarin, untuk membahas gejolak di Suriah. Perdana Menteri Qatar Sheikh Hamad bin Jassim al-Thani mengatakan kepada wartawan bahwa Liga Arab akhirnya setuju untuk menambahkan hampir dua kali lipat jumlah pengamat hingga 300 orang.
 
Sekitar 160 pengamat Liga Arab telah dikerahkan di Suriah sejak Desember lalu. Namun, para aktivis HAM setempat mengatakan tim pengamat telah gagal mengendalikan tindakan kekerasan. Alhasil, lebih dari 500 warga dilaporkan tewas dalam dua pekan terakhir saja.
 
Aktivis HAM tersebut juga mengatakan masalah tersebut harus segera dirujuk ke Dewan Keamanan PBB. Tetapi, beberapa anggota Liga Arab menyatakan enggan untuk mengambil tindakan tersebut.(IAN/JAY)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini