Liga Arab Gagal Hentikan Kekerasan di Suriah

  • Internasional
  • 0
  • 09 Jan 2012 10:15

111126bsuriah.jpg
Liputan6.com, Damaskus: Liga Arab akan mengirim tim pengamat lebih banyak ke Suriah. Tapi pihaknya akan menghentikan perjanjian yang menyetujui langkah-langkah tegas dalam upaya menghentikan aksi kekerasan terhadap para demonstran. Demikian dilaporkan NHK, Senin (9/1).
 
Liga Arab juga sudah menggelar pertemuan di ibukota Mesir, Kairo, pada Ahad kemarin, untuk membahas gejolak di Suriah. Perdana Menteri Qatar Sheikh Hamad bin Jassim al-Thani mengatakan kepada wartawan bahwa Liga Arab akhirnya setuju untuk menambahkan hampir dua kali lipat jumlah pengamat hingga 300 orang.
 
Sekitar 160 pengamat Liga Arab telah dikerahkan di Suriah sejak Desember lalu. Namun, para aktivis HAM setempat mengatakan tim pengamat telah gagal mengendalikan tindakan kekerasan. Alhasil, lebih dari 500 warga dilaporkan tewas dalam dua pekan terakhir saja.
 
Aktivis HAM tersebut juga mengatakan masalah tersebut harus segera dirujuk ke Dewan Keamanan PBB. Tetapi, beberapa anggota Liga Arab menyatakan enggan untuk mengambil tindakan tersebut.(IAN/JAY)
Terpopuler