Sukses

Temuan di Suriah Segera Dibahas Liga Arab

Menteri-menteri luar negeri negara Arab dijadwalkan bertemu kembali membahas temuan awal yang dikumpulkan oleh misi pengamat Liga Arab yang dikirim ke Suriah.

Liputan6.com, Damaskus: Menteri-menteri luar negeri negara Arab dijadwalkan bertemu kembali membahas temuan awal yang dikumpulkan oleh misi pengamat Liga Arab yang dikirim ke Suriah untuk memutuskan apakah lembaga ini akan melibatkan PBB dalam langkah selanjutnya atau tidak.

Misi pengamat yang dikirim ke Suriah untuk melihat jalannya implementasi rencana damai telah dikritik sebagai tim tanpa gigi, karena kekerasan terus saja berlangsung di negeri itu. Terakhir laporan kubu pegiat menyebut sepanjang Sabtu kemarin, 27 orang tewas di seantero negeri. Sementara menurut PBB sudah lebih dari 5.000 tewas sejak aksi demonstrasi menentang pemerintahan Presiden Bashar al-Assad meledak 10 bulan lalu.

Pemantau Liga Arab dikirim akhir Desember lalu untuk melihat bagaimana pemerintah Suriah mematuhi kerangka rencana perdamaian yang akan diikuti dengan penarikan pasukan dari jalan-jalan serta menghentikan penggunaan kekuatan militer terhadap warga sipil. Namun, menurut kelompok pengkritik, justru keberadaan para pemantau ini dimanfaatkan Pemerintahan Presiden Assad sebagai tameng untuk meneruskan aksi kekerasannya.

Dalam rapat diagendakan sesi mendengar usulan dari Qatar untuk melibatkan pakar HAM PBB dalam kegiatan pemantauan Liga untuk memutuskan apakah Suriah dianggap memenuhi janjinya atau tidak. Juga akan dibahas bagaimana tim pemantau utusan Liga bisa lebih bebas bergerak di Suriah, karena selama kunjungan pertama, mereka harus selalu dikawal pasukan pemerintah.(BBC/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.