Sukses

Partai Islam Dominasi Pemilu Legislatif di Mesir

Berdasarkan sistem hitung cepat oleh petugas setempat, partai-partai Islam memperoleh lebih dari satu pertiga suara, yakni 37,5 persen.

Liputan6.com, Kairo: Putaran terakhir Pemilihan Umum Legislatif Mesir didominasi oleh partai-partai Islam, Jumat (6/1). Seperti dilansir laman Reuters, berdasarkan sistem hitung cepat oleh petugas setempat, partai-partai tersebut memperoleh lebih dari satu pertiga suara, yakni 37,5 persen. Ini membuat partai-partai tersebut memenangi pemilu legislatif. Adapun hasil resmi akan diumumkan Ahad besok. Adapun partai Islam konservatif Nour menduduki peringkat dua atas perolehan suara terbanyak.

Wakil Kepala Partai Keadilan dan Kebebasan Islam Essam al-Erian mengatakan, saat ini Islam telah mendominasi suara yang berdampak pada penyusunan konstitusi yang cenderung menggunakan hukum Islam. "Kami senang dengan hasil ini dan juga senang bahwa sejauh ini sudah ada 15 atau 16 partai yang bersatu dalam parlemen, bersama-sama kita akan bangun Mesir," imbuh Essam.

Selama pemilu, pemerintahan Mesir sementara dipegang oleh Perdana Menteri terpilih Kamal al Ganzouri dan Dewan Tertinggi Militer. Namun, sejumlah pengamat politik mengatakan, usai pemilu legislatif kemungkinan perdana menteri akan diganti.(RZK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.