Sukses

Disetujui, Kantor Penghubung Taliban di Qatar

Kelompok pemberontak Afghanistan Taliban telah mencapai kesepakatan dasar dengan Qatar dan Amerika Serikat, untuk membuka kantor penghubung di Negara Teluk itu.

Liputan6.com, Kabul: Kelompok pemberontak Afghanistan Taliban telah mencapai kesepakatan dasar dengan Qatar dan Amerika Serikat, untuk membuka kantor penghubung di Negara Teluk itu. Seperti dilaporkan situs NHK, Rabu (4/1), hal itu dimaksudkan untuk memudahkan pembahasan resolusi politik dan upaya mencapai perdamaian dengan masyarakat internasional.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai juga sudah mengisyaratkan dukungan pemerintahnya atas rencana tu. Begitu juga dengan Kedutaan AS di Kabul, Afghanistan, yang telah mengeluarkan komentar positif atas upaya-upaya perdamaian pemerintah Afghanistan tersebut [baca: Taliban Akan Buka Kantor di Qatar].

Namun, pihak Taliban itu masih menuntut pembebasan anggotanya yang ditahan di penjara militer Teluk Guantanamo. Selain itu, pernyataan Taliban menekankan bahwa satu-satunya pihak yang terlibat dalam perang di Afghanistan adalah Taliban dan Amerika Serikat. Hal ini menyiratkan bahwa Taliban tidak dapat mengambil bagian dalam pembicaraan damai yang dipimpin oleh pemerintah Afghanistan.(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini