Sukses

Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Sragen Kebanjiran

Setelah diguyur hujan selama tujuh jam, ratusan rumah di Desa Jetak, Kecamatan Sidoarjo, Sragen, Jawa-Tengah, terendam banjir. Banjir disebabkan luapan Sungai Mungkung yang mengitari desa.

Liputan6.com, Sragen: Setelah diguyur hujan selama tujuh jam, ratusan rumah di Desa Jetak, Kecamatan Sidoarjo, Sragen, Jawa-Tengah, terendam banjir. Banjir disebabkan luapan Sungai Mungkung yang mengitari desa.

Luapan air yang menggenangi ratusan rumah di sekitar sungai itu membuat sejumlah warga mengungsi. Pasalnya, rumah-rumah warga sementara tidak dapat ditempati.

Selain itu, banjir juga merendam sejumlah rumah di bantaran Sungai Bena-nain Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Warga pun meninggalkan rumah mereka. Akibatnya warga korban banjir tidak merasakan adanya pergantian tahun baru.

Tiga desa di Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Belu NTT ini nyaris tanpa aktivitas selama banjir terus menggenangi wilayah mereka. Warga sebagian besar lari meninggalkan rumah mereka, Senin (2/1).

Warga mengaku terpaksa meninggalkan rumah dan perkampungan mereka karena banjir tak bisa diatasi dan telah membentuk alur kali baru mengikuti jebolnya tanggul.

Warga di tiga desa itu telah mengumpulkan uang sebesar Rp 10 ribu per kepala keluarga untuk membantu pemerintah menutup tanggul namun tak juga direalisasikan. Warga berharap pemerintah setempat membantu dan memperbaiki tanggul.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini