AS Jual Jet Tempur ke Arab Saudi

on Dec 31, 2011 at 13:43 WIB

Liputan6.com, Washington DC: Amerika Serikat sepakat untuk menjual jet tempur seharga US$ 3,5 milliar ke Arab Saudi. Seperti dilansir laman ABC, kerja sama ini merupakan upaya meningkatkan hubungan militer AS dengan sekutu di Timur Tengah dalam menghadapi ancaman Iran yang akan menutup Selat Hormuz.

Penjualan yang meliputi 84 jet tempur F-15 dan 70 jet lama yang diperbaharui ini disetujui sebelumnya oleh DPR AS. "Kerja sama ini merupakan langkah untuk memperkuat pertahanan Arab Saudi di Teluk Persia terkait dengan masalah di Selat Hormuz," kata Sekjen Kementerian Politik Militer Andrew Shapiro.

Iran dan AS saling mengancam tentang Selat Hormuz. Iran mengancam menutup Selat Hormuz sebagai jalur minyak utama jika Barat meningkatkan sanksi terhadap Teheran. AS tak akan mentolerir setiap gangguan lalu lintas laut melalui Selat Hormuz. Namun, Iran menyatakan tidak gentar dengan ancaman AS.

Sementara itu, Arab Saudi dan Iran adalah saingan di kawasan Timur Tengah. Suhu antara keduanya panas, setelah AS menuduh Iran merencanakan pembunuhan terhadap Duta Besar Arab Saudi di Washington AS pada awal tahun ini.

Arab Saudi adalah pemain utama di Timur Tengah karena memiliki fasilitas militer canggih. Arab Saudi berperan sebagai pusat kebijakan AS di Timur Tengah. Selain itu, negara ini menjadi penting bagi keamanan energi AS karena Arab Saudi menempati urutan ketiga sumber impor minyak AS.(ABC/JUM)
Suka artikel ini?

0 Comments