Sukses

Mayjen TNI Ahmad Yahya Pangdam Jaya

Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Ahmad Yahya akan dilantik menjadi Pangdam Jaya menggantikan Letjen TNI Bibit Waluyo. Posisi Ahmad akan digantikan Danjen Kopassus Mayjen TNI Amirul Isnaeni.

Liputan6.com, Jakarta: Gerbong kepemimpinan di tubuh TNI Angkatan Darat kembali bergerak. Setelah pengangkatan Letnan Jenderal TNI Bibit Waluyo sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD, kini posisi Panglima daerah Militer Jaya yang ditinggalkan Bibit akan diisi Mayor Jenderal TNI Ahmad Yahya yang sebelumnya menjabat Pangdam VII Wirabuana [baca: Bibit Waluyo Akan Meningkatkan Profesionalisme Kostrad]. Rencananya serah terima jabatan ini akan dilakukan pada pekan besok. Demikian dikemukakan Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu di sela-sela acara nonton bareng Final Piala Dunia 2002 di Kantor Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Ahad (30/6).

Menurut Ryamizard, pengangkatan ini dengan pertimbangan karir Ahmad yang diakui pernah menjabat sejumlah posisi di tubuh Komando Daerah Militer Ibu Kota ini. Sebelumnya, Ahmad pernah menjabat Komandan Rayon di Jakarta, Kepala Staf Garnisun, dan Kepala Staf Kodam Jaya. "Pengalaman di Ibu Kota turut mempengaruhi," ujar menantu mantan Wakil Presiden Try Sutrisno ini.

Menanggapi pengganti mantan Koordinator Staf Ahli KSAD sebagai Pangdam Wirabuana itu sebagai Pangdam Wirabuana, mantan Pangkostrad menambahkan, jabatan tersebut akan diisi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus TNI AD Mayjen TNI Amirul Isnaeni. Sedangkan pengganti Amirul nantinya akan dijabat Wakil Danjen Kopassus Brigadir Jenderal Sriyanto. Menurut rencana, acara serah terima Danjen Kopassus digelar dua pekan mendatang.(ORS/Fahmi Ihsan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.