Sukses

Tidak Hujan, Sebagian Jakarta Tetap Kebanjiran

Sejumlah wilayah di Jakarta tetap kebanjiran meski tak diguyur hujan. Warga bilang wilayah mereka mendapat banjir kiriman dari Bogor, Jabar.

Liputan6.com, Jakarta: Curah hujan tinggi yang melanda wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi mengakibatkan banjir di beberapa wilayah. Terutama di daerah pinggiran Kali Ciliwung, seperti di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, dan kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Di kedua kawasan itu, Kali Ciliwung meluap hingga menggenangi rumah warga. Bahkan, ketinggian air di Kampung Pulo mencapai satu hingga 1,5 meter. Kondisi ini dimanfaatkan warga untuk menyewakan perahu rakit kepada warga RW 03 yang terendam banjir.

Sebagian warga sudah mengungsi. Namun tak sedikit yang bertahan di rumah masing-masing karena merasa terbiasa terendam banjir.

Sedangkan di kawasan Bukit Duri, ratusan rumah di RT 11 dan 15, RW 10, juga terendam banjir. Air mulai merendam rumah warga sejak Rabu siang. Padahal sejak pagi hingga petang tak ada hujan yang turun.

Dugaan kuat banjir merupakan kiriman dari Bogor, Jawa Barat. Maklum kawasan tersebut berada di bantaran Kali Ciliwung
yang membelah Ibu Kota. Ketinggian air di kawasan tersebut mencapai satu meter lebih.

Kondisi serupa juga terjadi di kawasan Rawajati, Pancoran, Jaksel, yang juga termasuk bantaran Kali Ciliwung. Di kawasan tersebut, sedikitnya puluhan rumah warga turut terendam banjir kiriman dari Kota Hujan. Serupa dengan di Bukit Duri, air mulai masuk ke rumah warga sejak Rabu siang. Ketinggian air mencapai satu meter.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini