Sukses

Bahas Korut, Pejabat AS Kunjungi Asia

Kunjungan ini bertujuan mengoordinasikan tanggapan Jepang, Cina dan Korea Selatan terhadap situasi yang berkembang di Korea Utara.

Liputan6.com, Washington DC: Kurt Campbell, Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, akan mengunjungi Jepang, Cina dan Korea Selatan pada awal Januari mendatang. Kunjungan ini bertujuan mengoordinasikan tanggapan mereka terhadap situasi yang berkembang di Korea Utara. Demikian seperti dilansir laman NHK, Selasa (27/12).

Sebuah sumber mengatakan, Campbell, yang bertanggung jawab atas urusan AS, Asia Timur dan Pasifik, akan bertemu dengan para pejabat senior di ketiga negara itu, menyusul kematian pemimpin Korea Utara Kim Jong-il. AS khawatir jika transisi kekuatan Korut tidak berjalan dengan lancar dan bahan nuklir kemungkinan jatuh ke tangan yang salah. Dikhawatirkan pula, negara itu mungkin melakukan tes nuklir dan provokasi lainnya.

Campbell diperkirakan akan meminta Jepang dan Korea Selatan untuk bekerja sama secara erat dan melakukan pertukaran informasi untuk mempersiapkan hal tak terduga. Ia juga cenderung akan mendesak Cina agar menggunakan pengaruhnya dengan Korut untuk mendahului situasi kebingungan yang mungkin timbul.

Setelah kematian Kim Jong-il, AS telah menunda perundingan nuklir secara langsung dengan Korut yang dijadwalkan mulai bulan ini. Pemerintah AS juga diperkirakan akan memutuskan tindakannya setelah mendengar pandangan dari Jepang, Cina dan Korsel.(JAY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini