Eskalator Raksasa di Kawasan Kumuh Kolombia

  • Internasional
  • 0
  • 27 Des 2011 17:09
Liputan6.com, Medellin: Pemerintah Kota Medellin di Kolombia meresmikan pemakaian tangga berjalan luar ruang raksasa untuk warganya yang tinggal di kawasan kumuh kota itu. Warga yang hidup di distrik Comuna 13, yang lokasinya menggantung di sisi bukit yang terjal, sebelumnya harus naik turun bukit dengan tangga yang terdiri dari ratusan anak tangga untuk bepergian kemana-mana.

Kini eskalator bersejarah ini akan memudahkan mereka beraktivitas karena dibuat dalam bentuk potongan enam bidang dan mencapai ketinggian sekitar 384 meter. Wali Kota Medellin mengklaim proyek pembangunan tangga berjalan untuk membantu warga naik-turun bukit sekitar tempat tinggal mereka di kawasan miskin ini adalah untuk yang pertama kalinya di dunia.

Tahun 1980-an Medellin dikenal sebagai ibu kota kekerasan dan pembunuhan di dunia dan merupakan pusat kegiatan jual-beli obat bius, bahkan nama kota itu menjadi salah satu nama kartel narkotika paling menakutkan di dunia. Tetapi beberapa tahun terakhir reputasi itu sudah mulai berubah. Demikian dilansir BBC Indonesia, Selasa (27/12).

Proyek pembangunan eskalator bernilai US$ 7 juta (Setara dengan Rp 63,5 miliar) ini merupakan salah satu upaya terakhir pemerintah setempat untuk mengubah citra kota itu. Sejauh ini Medellin sekarang sudah punya sistem kereta api dalam kota yang modern, sementara kawasan di sisi lain bukit juga sudah dilayani kereta kabel.

Sekitar 12.000 warga distrik Comuna 13 akan diuntungkan oleh proyek eskalator ini, yang bisa dimanfaatkan tanpa dipungut biaya dan memangkas waktu perjalanan dengan jalan kaki dari setengah jam menjadi lima menit. Sebelumnya untuk mendaki atau menuruni tangga, warga harus berjalan, kira-kira sejauh menaiki bangunan setinggi 30 lantai kalau hendak pergi atau kembali dari rumah menuju pusat kota dan sebaliknya.

Comuna 13 sampai kini tetap merupakan kawasan paling miskin dan rawan di di Medellin. Namun pembangunan tangga jalan ini, dikombinasikan dengan berbagai proyek lain, akan membantu perbaikan kehidupan warga setempat dan menarik mereka ke arah kesempatan ekonomi yang lebih luas.(ADO)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler