Sukses

Pendangkalan, Alur Sungai Progo Bergeser

Banjir lahar dingin yang terus berulang mengubah aliran Sungai Progo di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pergeseran ini terjadi akibat alur sungai ke arah hulu di bagian utara tertimbun material lahar dingin Gunung Merapi sehingga mengakibatkan aliran sungai berbelok.

Liputan6.com, Sleman: Sungai Progo yang memisahkan Kabupaten Sleman dan Kulonprogo setahun terakhir ini menunjukkan pergeseran alur. Pergeseran disebabkan  Sungai Progo menerima limpahan lahar dingin dari kedua sungai yang berhulu di Gunung Merapi. Pantauan Liputan 6 SCTV, Senin (26/12), pendangkalan yang mengubah alur sungai pertemuan Sungai Krasak dan Sungai Putih ini semakin parah.

Selain itu, pergeseran alur sungai juga mengakibatkan wilayah Kabupaten Sleman tergerus dan berkurang. Sedangkan wilayah Kulonprogo bertambah lebar karena tertimbun material. Pemerintah berjanji akan mengatasi masalah ini dengan membangun talud.

"Kami akan mengupayakan langkah pencegahan dengan membagikan kantong plastik kepada warga guna membuat tanggul darurat," kata Urip Bahagia, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman. "Rencananya, di kawasan itu dibangun talud agar air tidak masuk ke permukiman warga."

Pemerintah, lanjut Urip, juga akan menormalisasi aliran sungai jika musim hujan berlalu.(ADI/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini