Sukses

Misa Natal Khidmat dan Damai

Pelaksanaan misa natal di sejumlah gereja di Tanah Air berlangsung aman. Meski pengamanan ketat, pelaksanaan ibadah umat Kristiani tetap khidmat.

Liputan6.com, Makassar: Gereja Katolik Katedral di Jalan Kartini, Makassar, Sulawesi Selatan, mendapat penjagaan ketat aparat keamanan, Sabtu (24/12) malam. Seluruh jemaat tidak luput dari penggeledahan petugas. Ini untuk menghindari terjadi gangguan keamanan selama pelaksanaan misa.

Di luar gereja, polisi tidak hanya dibekali senjata tapi juga juga Panser Barakuda. Tidak hanya di Gereja Katolik Katedral penjagaan dilakukan, tapi di Gereja Protestan Mangamaseang, Jalan Urip Sumiharjo. Meski mendapat penjagaan ketat, pelaksanaan misa berlangsung khidmat.

Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ribuan orang memadati Gereja Paroki Santo Yoseph untuk menghadiri malam misa Natal. Gereja terbesar di Sulbar pun tak mampu menampung jemaat sehingga sebagian menggelar malam misa natal di halaman gereja. Para jemaat yang datang juga dari Majene dan Pinrang.

Gereja Kristen Protestan di Lembah Pujian, Denpasar, Bali, mendapat pengawalan ketat polisi. Setiap jemaat yang masuk gereja harus melewati pintu pemeriksaan dan barang bawaan diperiksa secara teliti. Polda Bali sejak awal sudah menyiapkan personel di 85 gereja yang ada di Pulau Dewata.

Sejumlah gereja di Ambon, Maluku, malam pelaksanaan misa Natal berlangsung aman. Selain dijaga polisi, remaja masjid ikut membantu pengamanan. Langkah yang dilakukan para pemuda muslim ini untuk menunjukan bahwa kebersamaan antarumat beragama masih kokoh.

Sementara itu walau diguyur hujan, ribuan umat Kristiani tetap membanjiri gereja katedral di Merauke, Papua. Meski jemaat membludak, gereja masih mampu menampung jemaat yang datang. Pelaksanaan malam misa natal ini berlangsung khidmat dan dalam suasana damai.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini