Sukses

Sondang Dapat Gelar Sarjana Kehormatan

Pihak Universitas Bung Karno (UBK) kini secara resmi memberikan gelar sarjana kehormatan untuk Sondang Hutagalung yang tewas dalam aksi bakar dirinya di depan Istana Merdeka, Jakarta, 7 Desember silam.

Liputan6.com, Jakarta: Pihak Universitas Bung Karno (UBK) kini secara resmi memberikan gelar sarjana kehormatan untuk Sondang Hutagalung yang tewas dalam aksi bakar dirinya di depan Istana Merdeka, Jakarta, 7 Desember silam. Acara pemaparan pertimbangan gelar sarjana kehormatan UBK ini juga dihadiri oleh ketua sekaligus pendiri Yayasan UBK, Rahmawati Sukarnoputri, Ketua Dewan Kurator UBK Rizal Ramli, pendeta Bigman Sirait. serta para petinggi Kampus UBK.

"Acara ini kami gelar juga untuk secara resmi memberikan gelar sarjana kehormatan kepada Sondang Hutagalung," kata Pembantu Rektor (Purek) III UBK Daniel Panda yang mewakili Rektor UBK dalam sambutannya di aula Universitas UBK, Jakarta, Selasa (20/12).

Gelar sarjana kehormatan UBK ini diberikan oleh Rektor UBK atas persetujuan Yayasan Pendidikan Soekarno yang berlokasi di Kampus UBK, Jakarta. "Peran aktif Sondang Hutagalung menyuarakan gerakan perubahan yang membuat dia pantas menerimanya. Secara akademik juga dia menonjol (indeks prestasi akademik tinggi)," jelas Daniel.

Daniel menjelaskan pula, secara filosofi gelar sarjana kehormatan UBK diberikan karena peran aktif Sondang dalam menyuarakan gerakan moral perubahan dalam rangka kemanusiaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan. "Secara historis gelar sarjana kehormatan diberikan kepada yang bersangkutan atas peran aktif mengumandangkan eksistensi spirit perubahan dan spirit kesadaran bersama memberantas penyimpangan pemerintah," ucapnya.

Selepas acara ini, gelar sarjana kehormatan juga akan diantarkan langsung ke rumah dan diserahkan ke pihak keluarga Sondang Hutagalung. "Setelah ini, diserahkan langsung ke pihak keluarga," ujar Daniel.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini