Sukses

AS Mulai Cairkan Aset Libia

Pemerintah Amerika Serikat mencabut sebagian besar sanksi yang dijatuhkan terhadap Libia. AS mencairkan beberapa aset Libia di Negeri Adidaya.

Liputan6.com, Washington: Pemerintah Amerika Serikat mencabut sebagian besar sanksi yang dijatuhkan terhadap Libia. AS mencairkan beberapa aset Libia di Negeri Adidaya. Pada Sabtu (17/12), pemerintah AS mencairkan aset sekitar US$ 30 miliar yang dimiliki pemerintah Libia dan dua bank Libia yang diblokir sejak Februari silam.

Namun, seluruh aset kepemilikan mendiang pemimpin Muammar Khadafi dan keluarganya serta para pengikutnya, akan tetap dibekukan. Pemerintah sementara Libia tampaknya berusaha menggunakan aset-aset itu sebagai sumber daya untuk membangun kembali Libia setelah dekade pemerintahan diktator Khadafi.

Keputusan AS ini juga bertepatan dengan aksi serupa oleh Dewan Keamanan PBB, yang memutuskan untuk mengakhiri pembekuan aset lembaga keuangan Libia, termasuk bank sentral. Negara-negara lain juga diharapkan agar mengikuti aksi serupa untuk membantu membangun kembali Libia dan proses demokratisasinya.(JAY/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.