by

Polri: Ada Dua Kejadian Dalam Video Mesuji

  • Hukum & Kriminal
  • 0
  • 15 Des 2011 16:07
Liputan6.com, Jakarta: Dari hasil penelusuran sementara Mabes Polri, menunjukkan ada penggabungan dua kejadian berbeda dalam video Mesuji. Dua peristiwa itu adalah video kejadian di Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, 21 April 2011, digabungkan dengan video di Kabupaten Mesuji, Lampung 11 November 2011.

"Video (Kecamatan Mesuji, Kabupaten OKI, Sumsel, red) ini dicampur dengan peristiwa di Mesuji Lampung," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Boy Rafli Amar di kantornya, Jakarta, Kamis (15/12).

Selain itu, lanjut Boy, angka 30 orang yang tewas di Mesuji itu bukan dari satu peristiwa saja. Bahkan, kemungkinan angka 30 orang yang tewas itu penggabungan jumlah korban dari tahun 2004.

"Angka 30 ini digabung-gabungkan di lain tempat, bukan satu peristiwa, datanya juga tidak tahu, 30 orang tewas. Mungkin dari tahun 2004 dan digabung-gabungkan," terangnya.

Lebih lanjut Boy mengatakan, tim dari Mabes Polri sudah berada di Mesuji untuk melakukan evaluasi. Wakapolri Komjen Pol Nanan Soekarna dan Kabareskrim Komjen Pol Sutarman pun sudah ada di Mesuji untuk memantau langsung penyelidikan kasus tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, masyarakat dari dua tempat yakni Mesuji di wilayah Sumatra Selatan dan Lampung melaporkan peristiwa pembantaian itu ke Komisi III DPR. Dua peristiwa itu terjadi pada tahun yang sama. Mesuji di Sumsel terjadi pada 21 April. Sedangkan di Lampung terjadi pada 11 November 2011.

Kasus pembantaian ini bermula dari sengketa lahan antara warga setempat dengan sejumlah perusahaan yang mengklaim mengantongi izin penggunaan lahan di dua wilayah tersebut. (mla)


Comments
Sign in to post a comment