Sukses

Lahar Dingin Rusak Lahan Pertanian

Puluhan hektare lahan warga di bantaran Sungai Progo di kawasan Sendangagung, Minggir, Sleman, Yogyakarta, rusak diterjang banjir lahar dingin. Warga mengaku menderita kerugian jutaan rupiah.

Liputan6.com, Sleman: Puluhan hektare lahan warga di bantaran Sungai Progo, kawasan Sendangagung, Minggir, Sleman, Yogyakarta, Rabu (14/12), rusak diterjang banjir lahar dingin. Meluapnya material merapi tersebut diakibatkan terjadinya pembelokan arus Sungai Progo. Ini lantaran alur sungai dipenuhi material merapi.

Area persawahan, kebun, pekarangan, serta tanah kas desa tidak dapat digunakan lagi karena tertimbun material merapi yang terdiri dari batu dan pasir. Lahan yang sebelumnya hijau dipenuhi tanaman produktif untuk kehidupan ekonomi warga ini berubah menjadi hamparan material merapi.

Berdasarkan catatan perangkat desa setempat, luas lahan bantaran yang tertimbun material merapi di kawasan Sendangagung sudah mencapai lebih dari 20 hektare. Akibat peristiwa ini, warga setempat menderita kerugian jutaan rupiah karena lahan tersebut tak bisa digunakan bercocok tanam kembali.(APY/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.