Sukses

Ribuan Orang Antre Pembagian Santunan

Ribuan orang berdesak-desakan demi mendapat santunan dari seorang dermawan pemilik sebuah padepokan di Probolinggo, Jatim. Pembagian santunan dilakukan dengan penjagaan ketat aparat keamanan.

Liputan6.com, Probolinggo: Sekitar 5000 warga dari kalangan tidak mampu memadati halaman Padepokan Kanjeng Dimas di Desa Wangkal, Kecamatan Gading, Probolinggo, Jawa Timur. Kedatangan mereka untuk menerima pembagian santunan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam.
 
Meski dilakukan dengan pengawalan ketat polisi, aksi desak-desakan kerap terjadi. Warga berebut dan saling dorong demi mendapatkan santunan lebih dahulu. Warga yang datang ternyata tak hanya berasal dari Probolinggo, tapi juga dari Pasuruan, Situbondo, hingga santri padepokan yang berasal dari Jawa Tengah.
 
Santunan yang diberikan kepada tiap warga adalah uang sebesar Rp 100 ribu. Menurut warga, uang sebesar itu amat membantu keperluan hidup sehari-hari. Menurut pengasuh Padepokan Kanjeng Dimas Taat Pribadi, pembagian santunan itu memang sengaja tidak melalui badan pembagian zakat. karena ia ingin melihat sendiri uang santunan itu benar-benar jatuh kepada orang yang dituju.
 
Demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan, panitia sengaja menggelar pengajian umum yang menghadirkan Kyai Haji Kholil As’at, pengasuh Pondok Pesantren Walisongo Situbondo, sebagai penceramah.(BJK/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.