Sukses

Sarjana Kehormatan buat Sondang dari UBK

Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta, Minggu (11/12) memberikat gelar Sarjana Kehormatan untuk seorang mahasiswanya Sondang Hutagalung yang meninggal setelah melakukan aksi bakar diri di depan Istana Negara di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta, Minggu (11/12) memberikat gelar Sarjana Kehormatan untuk seorang mahasiswanya Sondang Hutagalung yang meninggal setelah melakukan aksi bakar diri di depan Istana Negara di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta.

Ketua Dewan Kurator UBK, Rahmawati Soekarnoputri mengatakan gelar kehormatan tersebut diberikan sebagai bentuk penghormatan seperti halnya gelar pahlawan.

"Karena Sondang bukan militer, kami berikan gelar Sarjana Kehormatan," kata Rahma. Menurut Rahma, Sondang adalah mahasiswa aktivis kampus yang mahasiswa cerdas dan baik.

"Dia anak yang baik, cerdas dan tidak ugal-ugalan. Dia sudah skripsi, hanya belum sempat diwisuda," tambah Rahma.

Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan UBK Daniel Panda menambahkan, gelar Sarjana Kehormatan diberikan kepada Sondang Hutagalung mahasiswa angkatan 2007 tersebut setelah mendapat masukan dari berbagai pihak. Namun demikian, Daniel berharap aksi seperti yang dilakukan Sondang tak terulang karena masih banyak pilihan lain untuk melakukan protes sosial.

"Aksi bakar diri terlalu mahal pengorbanannya," ujar Daniel. (ANT/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini