Sukses

Pemeriksaan Rutin Terhadap Produk Bayi Digelar

Kementerian Kesehatan Jepang telah memutuskan mengadakan pemeriksaan rutin terhadap tingkat radiasi dari produk-produk untuk bayi. Langkah ini ditempuh demi mengurangi keresahan warga.

Liputan6.com, Tokyo: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Jepang telah memutuskan mengadakan pemeriksaan rutin, terhadap tingkat radiasi dari produk-produk untuk bayi. Rencananya, pemeriksaan tersebut akan dilakukan setiap tiga bulan sekali. Langkah ini ditempuh demi mengurangi keresahan warga yang menggunakan produk tersebut. Demikian laporan NHK, baru-baru ini.

Kementerian Kesehatan mengambil tindakan pemeriksaan tersebut, usai terdeteksinya zat radioaktif caesium pada susu bubuk bayi. Produk ini dibuat oleh perusahaan makanan terkemuka Meiji, tak lama setelah kecelakaan nuklir di Fukushima, Maret lalu. Meski demikian, pihak Meiji mengatakan bahwa tingkat radioaktif cesium pada produk tersebut, berada di batas aman yang dianjurkan pemerintah, yaitu 200 becquerels kitar 400 ribu kaleng susu yang mungkin mengandung radioaktif cesium secara gratis. per kilogram. Untuk mengurangi kekhawatiran para pengguna produknya, pihak Meiji pun mengganti se

Pemeriksaan pihak berwenang terhadap produk mengandung zat berbahaya tersebut mencakup makanan bayi dan susu formula yang dipilih secara acak dari rak toko. Berdasarkan pemeriksaan terakhir, sebanyak 63 jenis makanan bayi dan 25 jenis susu formula telah diuji. Namun tak satu pun dari produk yang telah diperiksa itu mengandung cesium.(TNT/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.