Sukses

Pemudik Natal Telantar di Pelabuhan Ambon

Penumpang kapal menyayangkan ketidaksiapan pihak pelabuhan dalam mengantisipasi membludaknya arus penumpang menjelang Natal dan Tahun Baru. Menurut dia, seharusnya pihak pelabuhan menambah kapal selama arus mudik Natal.

Liputan6.com, Ambon: Ratusan  calon penumpang mudik Natal dengan tujuan pulau-pulau di Maluku Tenggara Barat dan Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, telantar di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon. Mereka gagal berangkat karena Kapal Motor Maloli kelebihan penumpang sehingga berbalik menuju pelabuhan setelah melaju sejauh 200 meter.

Sedianya kapal berangkat Rabu kemarin. Namun hingga Kamis (8/12) malam, penumpang masih tertahan di pelabuhan. Kondisi mereka makin tak jelas setelah pihak pelabuhan gagal memberangkatkan pada Rabu sore.

KM Maloli yang mengangkut para penumpang memang sempat berjalan. Namun kapal oleng seelah lepas sauh 200 meter dari pelabuhan. Begitu ditelusuri, kapal perintis yang harusnya berkapasitas 450 penumpang, malah diisi 900 orang. Bahkan ada dua penumpang yang tercebur ke laut, beruntung berhasil menyelamatkan diri.

Yohana Lukumase, penumpang kapal, menyayangkan ketidaksiapan pihak pelabuhan dalam mengantisipasi membludaknya arus penumpang menjelang Natal dan Tahun Baru. Menurut dia, seharusnya pihak pelabuhan menambah kapal selama arus mudik Natal.

Menanggapi keluhan penumpang, Kepala Adpel Yos Sudarso Ambon Mulyono berjanji menambah dua kapal. Dioperasikannya KM Cantika 88 dan KM Alken Oermata untuk menampung para penumpang KM Maloli diharapkan dapat membantu mengurangi membludaknya penumpang di pelabuhan.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.