Sukses

Partai Fundamentalis Muslim Unggul di Mesir

Di Mesir, partai-partai fundamentalis Muslim ungguli pemilu dan menjadi pilihan mayoritas masyarakat. Sebagai buktinya, pada putaran pertama pemilihan parlemen pada akhir November di Kairo dan daerah lain di sekitarnya, partai-partai tersebut berhasil mendapatkan suara cukup tinggi.

Liputan6. com, Kairo:  Di Mesir, partai-partai fundamentalis Muslim menjadi pilihan mayoritas masyarakat pada pemilihan parlemen pertama. Sebagai buktinya, pada pemilihan akhir November di Kairo dan daerah lain di sekitarnya, partai-partai tersebut berhasil mendapatkan suara cukup tinggi. Demikian situs NHK Senin (5/11) melaporkan.

Pemilu tersebut menandai langkah perubahan penting negara itu menuju demokrasi, setelah mantan Presiden Hosni Mubarak digulingkan. Pemilihan tersebut menggunakan dua sistem voting, satu kursi memilik satu hak suara dan satu suara yang menjadi perwakilan (representasi proporsional). Ketika pemilihan Mesir berlangsung pada Ahad, kantor berita Mesir merilis hasil pemilihan menggunakan representasi proporsional.

Partai Kebebasan dan Keadilan, yang merupakan partai politik fundamentalis Islam Ikhwanul Muslimin bersama pengikutnya, berhasil naik 36 persen. Dengan susah payah menyaingi partai Islam yang mendapatkan 24 persen lebih unggul pada awal pemilihan.

Sementara sebuah blok liberal yang didukung oleh umat Kristiani dan para pebisnis tertinggal di belakang dengan hasil 13 persen suara dalam kategori ini. Para pengamat mengatakan hasil pengaruh partai-partai Islam di wilayah pemilu diselenggarakan akan terus meningkat. (NHK/TNT/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini